Agar Tidak Mudah Lelah, Inilah Beberapa Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari

Agar Tidak Mudah Lelah, Inilah Beberapa Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari

Karena saat itu, 3M merupakan Prokes Covid-19 bersamaan dengan ditetapkannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Lalu lahirlah PPKM skala Mikro, dilanjutkan dengan PPKM Darurat hingga diperpanjang PPKM stage 4 yang berakhir tanggal 2 Agustus 2021. Lengkap dengan soal prediksi, video pembahasan soal, dan sistem IRT. Riliv memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi burn out. Pertama, kita harus memahami pengaruh negatif burn outbagi karyawan. Hal ini bisa diwujudkan dengan memberikan usulan kepada manajer tentang cara mengatur stress dan perasaan letih saat bekerja.

Jakarta – Bagi ibu rumah tangga, memasak juga bisa menjadi aktivitas yang bikin stress. Menurut dr Asa, posisi yang ideal saat bekerja adalah jarak antara Anda dan komputer 45 hingga 60 cm, duduk tegak dengan punggug lurus dan bahu ke belakang dan kaki menyentuh lantai. Selain itu, berdiri setiap 15 menit dan stretching atau jalan selama 1 hingga 2 menit.

Kondisi lemas ini semakin memburuk ketika rasa kantuk tiba-tiba datang. Ini menjadi salah satu kendala terberat, apalagi jika pekerjaan masih menumpuk dan menunggu diselesaikan. Kakek Merah FAFAFA Psikolog Prita Yulia Maharani, MPsi, mengatakan, kondisi tersebut memiliki dampak yang menyebabkan para pekerja menjadi frustasi dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Beberapa cara agar tidak capek ketika bekerja

Apabila Anda merasa bahwa jantung semakin berdebar dan rasa lelah menjadi semakin sering muncul, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan. Beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan termasuk pemeriksaan darah, pemeriksaan rontgen hingga pemeriksaan elektrokardiografi jantung. Dianjurkan untuk membiasakan berkedip sekitar kali setiap menit guna mengurangi ketengangan mata. Sering berkedip mampu membantu melembapkan mata dan menghindari gejala mata kering.

Kegembiraan ataupun kesegaran yang didapatkan bisa memacu hormonhormon yang dapat mengurangi rasa capek dan penat dari bekerja. Tentunya aktivitas ini harus disesuaikan dengan kondisi kegiatan di rumah dan kondisi kesehatan anda. Mengkonsumsi minuman atau camilan yang sehat di sela- sela jam bekerja juga dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa bosan saat bekerja. Selain meningkatkan mood, hal ini juga akan memotivasi Anda untuk bekerja kembali.

Untuk itu, seseorang harus benar-benar menunggu rasa letih itu akan hilang dengan sendirinya. Tekan titik pijat di bagian pergelangan kaki, bagian cekung yang terletak di dekat mata kaki. Memijat titik ini dapat membantu mengatasi sakit kepala serta bahu pegal. Gerakan ini dapat kamu lakukan berulang kali dalam sehari untuk membantu menyegarkan pikiran serta menghilangkan rasa lelah dan penat.

Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan kelelahan setelah bekerja. Jadi, ketika kembali beraktivitas esok harinya, maka tubuh terasa lebih bugar dan pikiran jadi lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan. Kasus perubahan postur tubuh yang tidak best ini banyak dijumpai di kalangan orang dewasa, terutama di era digital ini. Teknologi dapat mengubah orang menjadi lebih pasif dan jarang beraktivitas fisik, sehingga postur tubuhnya menjadi tidak sehat. Misalnya, terlalu lama duduk memainkan gawai atau bekerja di depan layar komputer.

Kalau terkena sleep apnea, jam tidurnya akan berkurang hingga menjadi 5 jam atau bahkan kurang dari itu sehingga saat siang tiba, Anda jadi mudah sekali lemas dan lelah. Sayangnya, banyak sekali pria yang mudah sekali lelah saat bekerja. Beberapa pria bahkan memutuskan untuk mencari pekerjaan lain yang membuat mereka tidak mudah lelah dan masih bisa bergerak dengan bebas. Bagi orang yang bekerja di balik meja tentunya sudah biasa jika mereka kurang bergerak dan duduk seharian.

Dilansir dari laman Halodoc, berikut merdeka.com rangkum 5 cara agar tak mudah lelah saat bekerja yang bisa Anda terapkan. Selain itu, Prita juga mengatakan burnout bisa mengganggu ketenangan emosional. Ambilah awalan lari dengan cara agak mencondongkan badan kearah depan dengan posisi kaki kiri di depan terlebih dahulu. Hal ini bermaksud untuk memberikan daya ledak atau dorongan kaki kanan yang bertumpu untuk melangkah lebih dahulu. Melakukan gerakan yang salah, yaitu pada saat naik badan tidak lurus seperti membentuk gelombang dan tangan tidak sampai lurus, pada saat turun dada tidak menyentuh tanah. Lakukan latihan ini sesering mungkin sehingga anda mampu mencapai 43 hitungan bahkan lebih dalam satu menit.

Anda bisa berolah raga di fitness center atau di tempat lain, hal lain yang dapat dilakukan yaitu dengan melihat pemandangan lain selain pemandangan di kantor dan itu mungkin bisa mengobati rasa bosan. Dengan cara sesimple apapun jika hati merasa bahagia pasti pikiran akan jernih dan siap untuk memulai pekerjaan kembali. Apabila memutuskan untuk berhenti bekerja, Anda harus tahu apa yang akan dilakukan untuk kedepannya. Diwaktu luang, pergunakan untuk hal yang tidak membuat Anda bosan dan sekiranya dapat menyegarkan pikiran. “Segala sesuatu berawal dari niat, dan sesungguhnya setiap orang mendapat ganjaran atas apa yang diniatkan” seorang pepatah arab berkata demikian.

Comments are closed.