Cara Agar Anak Mau Tidur Siang

Cara Agar Anak Mau Tidur Siang

Mereka yang jarang tidur cenderung lebih lemas dan susah produktif di siang hari. Kualitas tidur yang baik mampu menjaga badan dan psychological tetap aktif sepanjang hari. Tidur yang nyenyak akan memicu hormon-hormon untuk membantu menyimpan serta memproses karbohidrat.

Cara agar anak mau tidur siang

Penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak memang telah dilarang. Akan tetapi, tetap saja ada oknum-oknum nakal yang masih menggunakan cara tersebut. Tidak akan memakan waktu yang lama dan juga akan memperoleh hasil tangkapan yang melimpah.

Bukan tanpa alasan mengapa jam tidur yang cukup untuk bayi sangat disarankan untuk dipenuhi. Itu karenatidurmemiliki deretan manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Sedangkan pada bayi yang tidurnya tidak nyenyak, akan cenderung lebih rentan sakit, infeksi, iritasi, dan menjadi kurang responsif saat ia bangun. Berikut adalah pola tidur umum sesuai dengan usia anak yang bisa menjadi panduan, meski pola tidur si Kecil bisa jadi berbeda dengan pola tidur anak sebayanya. Tidak hanya itu, penerapan jadwal juga akan membantu Ibu untuk mengajarkan disiplin kepada anak sejak dini.

Tapi jika sudah terbentuk secara mudah tanpa dipaksa anak akan tidur dengan sendirinya. Padahal waktu tidur bagi anak sangat penting untuk menjaga daya tahan atau imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit atau virus. Jika si kecil tidak mengantuk, maka jangan paksakan ia untuk tidur, tetapi pastikan ia tetap mendapatkan waktu untuk beristirahat.

Ketika si kecil mulai terbiasa dengan waktu tidur siang yang Anda terapkan, jangan menunda dan jangan membuatnya lebih cepat agar waktu tidurnya tidak berantakan. Apakah saat ini buah hati sedang belajar hal baru, seperti merangkak, menendang, mengelinding, duduk, atau berdiri? Jika ya, maka ia mungkin terlalu bersemangat untuk mencobanya terus bahkan ketika jam tidur sudah tiba. Kalau ia sedang belajar duduk misalnya, maka ajarkan mereka juga bagaimana caranya berbaring lagi. Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang tenang agar si kecil mudah terlelap.

Saat tidur, hormon pertumbuhan akan aktif, sehingga dapat berdampak pada tumbuh kembang bayi. Selain itu, tidur cukup juga dibutuhkan untuk kesehatan bayi. Pastikan bayi tidur di tempat yang aman dan terjamin keselamatannya. Hindari meletakkan bayi di couch, ranjang orang dewasa, atau lantai. Hindari juga dekorasi yang berlebihan di sekitar tempat tidur bayi untuk mencegah Sudden Infant Death Syndrome . Usahakan agar tempat tidur bayi tidak berbagi dengan anak lain ataupun hewan peliharaan.

Awali dengan mandi menggunakan air hangat yang ditambah dengan usapan lembut penuh kasih sayang dari Ibu. Ini dapat membuat buah hati menjadi tenang, santai, dan relaks. Berikan waktu untuk tidur siang setiap hari sesuai kebutuhan bayi.

Sementara untuk bayi di atas enam bulan, Anda mungkin bisa membiarkannya rewel sebentar untuk mencoba mendorongnya tertidur sendiri. Banyak bergerak saat tidur menandakan si Kecil merasa gelisah. Penyebabnya beragam, misalnya karena perutnya lapar atau popoknya basah. Untuk menjaga kualitas tidur si Kecil, Ibu bisa menyusui si Kecil sebelum tidur dan memastikan popoknya tidak basah. Bila Ibu khawatir popok basah mengganggu tidur si Kecil, gantilah popok kain si Kecil dengan popok sekali pakai tiap jelang waktu tidur. Saat si Kecil tidur, coba perhatikan dengan saksama, apakah ia banyak bergerak, atau justru sebaliknya.

Sebaiknya latih anak untuk tidur dan bangun secara teratur setiap hari. Hal ini berfungsi untuk menjaga pola tidur agar tidak terlambat bangun untuk pergi sekolah. Untuk membuat si kecil mau memejamkan mata pada siang hari memang menjadi tantangan tersendiri. Namun setelah Anda tahu cara menidurkan anak, maka mereka dengan sendirinya menjadi terbiasa untuk tidur siang. Seperti dilansir eHow ini dia beberapa ideas agar anak mau tidur siang.

Seperti orang dewasa, anak pun akan lebih cepat dan lelap untuk tidur saat berada di lingkungan yang membuatnya nyaman. Menciptakan kenyamanan ini menjadi cara membuat anak tidur siang yang paling befektif. Hindari memaksa anak untuk tidur siang, karena mereka cenderung akan menolak, pura-pura tidur, dan malah lanjut bermain sendiri di kamarnya ketika Anda meninggalkannya. Jika Anda rasa anak sudah mulai mengantuk, ajak anak ke tempat tidur dan biarkan hingga tertidur sendiri.

Comments are closed.