Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget!

Cara Ampuh Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget!

Apalagi seiring berjalannya waktu si kecil terus tumbuh dan bisa mengakses banyak hal, jadi penting untuk selalu mendampingi dan memberi penjelasan. Karena pembatasan gadget, otomatis Bunda harus menciptakan aktivitas lain yang menyenangkan bersama anak. Bunda bisa mengajak permainan lainnya, menggambar, mewarnai, berkebun, bersih-bersih hingga jalan-jalan. “Kita tidak tahu apa efek jangka panjangnya bagi anak bila cara ini diterapkan di rumah. Memang, ini bisa dibilang jalan pintas untuk mengatasi agar anak tidak kecanduan primary handphone lagi.

Studi ini menunjukkan SDD membuat otak anak menyusut hingga memengaruhi kemampuan mengatur rencana, organisir dan sebagainya. Selain terjadi pada anak, remaja dan orang dewasa juga menghadapi dampak negatif dari paparangadgetyang berlebihan. Namun, karena otak anak masih berkembang, maka dampaknya akan lebih buruk bagi anak-anak. Orang tua harus melakukan berbagai cara agar anak tidak terpapar oleh dampak negatifgadget. Selain tanda-tanda anak mengalami SDD,gadgetjuga dapat menjadi potensi utama merusak otak anak dan mengganggu proses tumbuh kembang anak.

Dari yang hanya sekedar untuk hiburan hingga pendidikan bisa didapatkan. Bukan hanya itu saja, pengenalan gadget sejak dini juga dianggap sebagai salah satu cara agar anak cepat paham akan teknologi. Tetapi, di balik semua kemudahan yang didapat, ternyata terdapat pula efek negatif bagi anak yang kecanduan gadget. Ada baiknya orangtua mulai memahami bahwa anak memerlukan eksplorasi untuk tumbuh kembangnya. Dampingi anak dan lakukan pengawasan saat anak pertama mencoba untuk bermain di luar rumah untuk mengurangi kecanduan gadget.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Lalu bagaimana agar interaksi yang begitu dekat tersebut tidak menyebabkan kecanduan gadget pada anak? Alhasil, orang tidak bersalah itu, mendapat kebencian dan kata-kata kasar dari pengguna internet. Dampak sosial juga akan dirasakan seperti kehilangan reputasi, pekerjaan hingga dikucilkan. Contohnya nih, kalau sang anak ingin mejadi juara di kompetisi memasak, maka ia harus selalu melatih kemampuan memasaknya.

Coba semua aplikasi dan permainan yang akan diberi ke anak, untuk melihat bahwa semua sesuai dengan usia anak. “Anak belajar dari pengalaman, terutama yang bersentuhan langsung dengan dirinya,” kata Annelia. Misalnya, anak dapat mengenali tekstur rumput dan pasir, yang selama ini ia lihat melalui permainan di gawainya.

Banyaknya informasi yang tersedia, anak dan orang tua dapat dengan mudahnya mengakses berbagai macam materi yang diperlukan. Kecanduan akan gadget memang suka bikin orang tua jadi pusing karena sangat susah untuk melepaskan kebiasaan ini. Selain itu, kecanduan terhadap gadget juga mempengaruhi karakter anak loh. Menggunakan gadget tentu saja diperbolehkan, akan tetapi banyak sekali kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh orang tua dan anak selain gadget. Berkurangnya aktivitas lain selain bermain gadget dapat menurunkan tingkat kreativitas anak, daya tahan tubuh, dan melambatnya perkembangan motorik.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak anak jalan-jalan ke luar rumah atau sekadar beraktifitas lainnya. Oleh sebab itu, dr. Catharine menekankan, penting bagi orang tua untuk bisa mengikuti dan memahami masa tumbuh kembang anak dengan minim penggunaan gadget di depan anak. Tetapkan wilayah bebas gadget di rumah, salah satunya adalah tidak membawa gadget ke kamar. Sebab bisa menjadi kebiasaan buruk, space yang biasa dipakai untuk istirahat malah digunakan untuk bermain gadget. Di tambah posisi menonton layar tidak dibenarkan sambil tidur telentang maupun tengkurap.

Meski, teknologi memiliki peran penting dalam membantu proses perkembangan anak, tapi orangtua wajib membatasi penggunaannya, lho. Konten yang tersedia di gadget, terutama web, mengandung unsur yang baik. Hal-hal berbau SARA dan pornografi bisa merusak anak dan peran orang tua sangat penting untuk mencegahnya ataupun mempersiapkannya menghadapi hal tersebut. Ia juga perlu tahu gadget mana yang boleh digunakannya dan mana yang tidak.

Comments are closed.