Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula, Angka Kematian Hanya 0,1%

Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula, Angka Kematian Hanya 0,1%

Sebagai contoh, dalam memulai usaha budidaya lele, kamu akan membutuhkan 2 buah terpal ukuran besar seharga sekitar Rp 600,000. Untuk kerangka kolamnya, kamu bisa menggunakan bahan bambu yang kuat dengan harga kurang lebih Rp 300,000. Ditambah paku serta keperluan lainnya, mungkin dibutuhkan Rp 50,000, sehingga whole biaya yang dibutuhkan untuk membuat kolam ikan lele menjadi Rp 950,000. Membuat kolam terpal membutuhkan modal untuk membeli terpal, bambu paku, dan berbagai perlengkapan lainnya. Besar kolam tentu disesuaikan dengan jumlah benih ikan lele yang akan dibudidayakan.

Tujuannya adalah untuk melarutkan zat kimia yang ada di dalam drum. Lalu, susun drum-drum tersebut di rak yang sudah disediakan atau di atas Slot Gacor tanah. Ikan keli yang memiliki nama latin clarias loiacanthus ini sering disebut juga dengan ikan penang di daerah Kalimantan Timur.

Bagaimana cara berternak lele

Pasalnya, bisnis ternak lele merupakan pilihan yang menjanjikan. Selain itu, bisnis konsumsi ini jelas akan laku kapan saja meskipun perekonomian sedang sulit. Lakukan pemberian vitamin yang tersedia di pasaran dengan dosis 1 gram/kg pakan untuk lele selama 5 – 7 hari.

Hama biasanya binatang yang berang-berang, burung pemakan ikan, kucing, dll Adapun penyakit seperti virus dan bakteri. Pemberian pakan tidak boleh terlalu berlebihan karena akan menimbulkan berbagai macam jenis penyakit akibat pakan yang mengendap yang tidak termakan oleh ikan. Apabila tidak mempunyai lokasi yang cukup luas kita dapat menyiapkan kolam untuk ikan hasil sortir lebih kecil dari kolam budidaya. Karena hanya ikan yang kecil saja yang di pindahkan ke kolam hasil sortir dan kolam yang besar kita gunakan untuk ikan yang besar.

“Sementara maggot BSF kalau tidak mau dijual bisa untuk pakan ternak dan sejenisnya. Sehingga bisa menghemat pakan ternak perbulannya,” ungkapnya. Nantinya, proses biokonversi lewat maggot BSF bisa dicampur sekam tanam untuk bisa menyuburkan tanaman di sekitar. Fathimah berulang kali menekankan proses belajar soal karakteristik serangga ini.

Comments are closed.