Mama Ini Berhasil Melepaskan Anaknya Dari Kecanduan Gadget

Mama Ini Berhasil Melepaskan Anaknya Dari Kecanduan Gadget

Peran orang tualah disini untuk memperkenalkan gadget sebaiknya mungkin dan menghindarkan anak mengeksplorasinya terlebih dahulu. Dalam hal ini, orang tua perlu menemani kontak pertama anak dengan gadget. Orang tua sebaiknya memulai dengan memperlihatkan tontonan anak yang edukatif sambil menjawab pertanyaan yang dilontarkan anak. Jika orang tua menyerah ketika anak tantrum karena gawai, anak-anak akan menggunakan strategi merengek tersebut agar keinginannya menggunakan gawai dapat terpenuhi. Padahal, anak-anak yang dalam proses perkembangan emosi, fisik, serta mentalnya sebaiknya tidak bermain gawai dalam waktu lama.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Salah satu cara agar anak tidak kecanduan gawai ialah dengan memberikan batasan waktu penggunaan gawai pada anak. Misalnya, anak dalam sehari dibatasi bermain gawai selama dua jam. Para orang tua bisa mengajak anak untuk lari pagi atau bersepeda di hari libur, mengajak anak memasak bersama, atau berkunjung ke rumah saudara. Namun, perlu diperhatikan, sebisa mungkin semua kegiatan harus memiliki edukasi untuk anak. Jadi bermain bisa sekaligus belajar untuk menjadi pengetahuan lebih bagi mereka.

Bahkan bisa marah dan mengamuk saat gadget tersebut diambil orang tuanya, atau saat baterainya habis. Untuk anak yang berusia lebih dari 2 tahun, IDAI menyarankan orang tua memberikan display time pada anak tidak boleh lebih dari 2 jam per hari. Namun, Moms bisa menyesuaikan waktu screen time dengan waktu sekolah anak.

Semisal berenang, les musik, balet, atau biarkan anak primary bersama teman-teman sebayanya. Lama kelamaan, ia pun lupa dengan gadget karena waktunya terkikis habis dengan aktivitas tersebut. Kita mungkin tidak bisa memusnahkan begitu saja gadget dari kehidupan. Alternatifnya, cukup batasi penggunaan gadget dengan lebih disiplin.

Akan tetapi, tentu saja pengawasan orang tua sangat dibutuhkan agar penggunannya dapat terkontrol. Teknologi kini memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Mulai dari penggunaan smartphone, laptop computer, tab, games, dan berbagai bentuk gadget lainnya yang dapat membantu kita dalam menjalani segudang aktivitas. Tips berikutnya yakni jangan menempatkan komputer, televisi, hingga ponsel di kamar tidur anak. Segera singkirkan ketika mereka atau Anda sudah selesai menggunakannya.

Sebaiknya diskusikan persoalan itu bersama pasangan untuk mencari solusinya. Dengan cara meningkatkan aktivitas anak di dalam rumah maupun di luar rumah bisa menyita perhatian anak dan lupa dengan gadget mereka. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa anak akan selalu meniru apa yang dilakukan orangtuanya.

Meskipun penggunaan gadget memiliki pengaruh yang kurang baik, tidak dapat dipungkiri bahwa gadget merupakan suatu alat yang mendukung kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang dilakukan anak dengan gadget pun bisa beraneka ragam, seperti bermain game, menonton youtube, atau sekedar membuka-buka aplikasi. Pantau akses penggunaan gawai dengan menggunakan perangkat bersama. Ambil kesempatan bebas gawai untuk berkomunikasi, berinteraksi dan berbagi nilai-nilai keluarga bersama anak. Sebisa mungkin dorong anak agar tetap aktif secara fisik, tidak hanya menghabiskan waktu dengan gawai. Ciptakan suasana yang nyaman di rumah sehingga anak terdorong untuk melakukan aktivitas fisik.

Comments are closed.